×

L O A D I N G

Tips Terhindar Dari Belanja Implusif

Aktifitas di rumah saja justru menjadi semakin boros, terlebih lagi setelah gajian. Kemudahan yang diberikan dengan belanja online mengakibatkan kebiasaan belanja yang impulsif. Agar dapat mengontrol pengeluaran uang, berikut tips belanja supaya tidak boros.


Membuat Anggaran

Supaya pengeluaran lebih terjaga, cobalah membuat anggaran belanja dengan menghitung kebutuhan selama di rumah apa saja. Lalu, sesuaikan dengan penghasilan yang dimiliki. Lakukanlah selama beberapa bulan, agar tahu benar apa yang kamu beli dan dapat dijadikan nilai rata-rata pengeluaran kamu setiap bulannya.


Membuat Daftar Kebutuhan

Agar terlindar dari "lupa diri", cobalah membuat daftar kebutuhan sebelum berbelanja. Dengan daftar kebutuhan, kamu tidak perlu menghafal barang belanjaan dan tidak membeli barang yang tidak tercantum di dalamnnya.


Berpikir Sejenak

Berpikir sejenak sangat dibutuhkan buat kamu yang tiba-tiba sudah check-out barang, lalu kaget sendiri sudah bayar. Caranya mudah dengan menarik napas dalam-dalam hingga terasa lebih relax, agar sebelum berbelanja kamu dapat berpikir lebih jernih. Lihatlah beberapa toko online, bandingkan dengan membaca terlebih dahulu diskripsinya. Lihatlah pula lokasi toko, agar tidak termakan biaya pengiriman. 


Dengan menerapkan ketiga tips tersebut, kebiasaan impulsif saat belanja bisa lebih mudah dihindari.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat